Selasa, 13 Februari 2018

Kaos Polos Bisa Jadi Pakaian Mendaki Gunung

Kaos Polos Bisa Jadi Pakaian Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang bisa dibilang agak berat. Apalagi bagi kamu yang sebelumnya belum pernah mendaki gunung sama sekali. Bagi yang sudah terbiasa, naik gunung dengan segala peralatan serta perlengkapannya tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun untuk kamu yang pemula tentu masih kikuk dengan apa yang harus disiapkan. Terutama berapa potong kaos polos yang harus dibawa sebagai pakaian pengganti.

Ya, kaos polos menjadi salah satu pakaian wajib yang harus dibawa kemanapun kamu pergi. Begitu pula ketika berencana mendaki gunung yang tentunya membutuhkan waktu berhari-hari tersebut, maka membawa pakaian ganti yang cukup patut dipertimbangkan. Untuk kamu yang masih bingung harus menyiapkan pakaian ganti, berikut akan kami ulas mengenai tips memilih pakaian untuk mendaki gunung.

Memilih jenis atasan dan bawahan

Pendaki gunung membutuhkan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh. Hal ini mengingat udara di gunung sangatlah dingin sehingga untuk menjaga suhu tubuh supaya tetap stabil dibutuhkan pakaian tebal dan hangat. 

Untuk atasan bisa memilih kaos polos dan jaket, sementara itu untuk bawahan kamu bisa memakai celana training.

Bawa pakaian ganti secukupnya

Pakaian ganti memang dibutuhkan karena mendaki gunung mengharuskan kamu bermalam untuk beberapa waktu. Meski begitu bukan berarti kamu bebas membawa semua pakaian ganti sebagai persediaan selama perjalanan. Membawa pakaian ganti tanpa perhitungan yang tepat bisa jadi membuat tas menjadi penuh dan berat. Ini akan membuat kamu mudah lelah ketika proses pendakian.

Oleh karena itu perhitungkan kebutuhan pakaian ganti dengan tepat. Misalnya, apabila kamu akan mendaki gunung dan membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, maka pakaian ganti yang dapat dibawa adalah 2 sampai 3 pasang. 

Pertimbangan bahan atasan

Pakaian yang disarankan dipakai ketika mendaki gunung adalah yang terbuat dari bahan acrylics, ripstop atau polyesters. Bahan-bahan ini juga yang menjadi andalan untuk dikenakan saat melakukan kegiatan outdoor. Namun apabila kamu adalah tipe orang yang mudah berkeringat sekalipun berada di tempat yang dingin, maka tidak ada salahnya apabila membawa baju kaos polos gildan, katun atau lainnya. 

Memilih bahan bawahan

Celana yang disarankan dikenakan saat mendaki gunung ialah yang berbahan polyester. Bahan jenis ini dikenal sebagai kain yang ringan sehingga kamu tetap bisa berjalan dengan leluasa meski harus menaiki gunung. Selain itu kamu juga bisa memakai celana training, selain mempertimbangkan bahan, kamu juga perlu memastikan kenyamanannya ya.

Pertimbangan warna

Melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung juga mengharuskan kamu tampil kece. Tapi kecenya ala anak gunung ya. Nah untuk warna baju kaos polos bisa memilih warna yang netral seperti maroon, cokelat tua, abu-abu atau biru. Jangan kenakan kaos atau pakaian berwarna putih saat naik gunung karena pakaian dengan warna dasar putih mudah kotor. 

Demikianlah beberapa tips memilih pakaian untuk mendaki gunung. Selain pertimbangan-pertimbangan di atas, kamu juga bisa menambahkan aksesoris pelengkap seperti syal atau kupluk. Kedua aksesoris ini bisa membuat perjalanan mendaki gunung semakin menyenangkan karena tubuh tetap hangat karena biasanya terbuat dari bahan rajut.

Setelah memilah pakaian untuk mendaki gunung, selebihnya jangan lupa memperhatikan persiapan lainnya ya. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah usahakan untuk melakukan olah fisik sebelum hari H pendakian. Dengan begitu tubuh, terutama bagian kaki tidak “kaget” ketika diajak melakukan perjalanan jauh. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

0 komentar:

Posting Komentar