Rabu, 07 Februari 2018

Terapkan Hal Ini Saat Desain Kamar Anak

Terapkan Hal Ini Saat Desain Kamar Anak

Memiliki rumah atau tempat tinggal adalah impian semua orang. Sebagai tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, rumah juga memiliki fungsi-fungsi lainnya yang menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan utama setiap manusia. Ada beberapa cara orang untuk memiliki rumah, baik membeli rumah atau membangun rumah sendiri. Memang lebih praktis untuk langsung membeli rumah. Bahkan sekarang juga sudah banyak rumah yang menyediakan furnitur langsung di dalamnya. Namun, jika Anda adalah salah satu orang yang lebih menyukai untuk mendesain sendiri rumah Anda, maka membangun rumah bisa menjadi salah satu pilihannya. Tetapi, pastikan bahwa Anda menggunakan jasa bangun rumah yang memang profesional dan terpercaya. Tidak hanya itu saja, persiapkan juga desain rumah yang akan Anda bangun tersebut. Tentunya, sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda sendiri. Namun, salah satu hal yang cukup sulit dan membutuhkan perhatian yang khusus adalah saat mendesain kamar anak. Hal ini terjadi karena terkadang anak masih terlalu kecil untuk bisa menentukan keinginannya, dan sebagai orang tua pun Anda harus bijak dalam mendesain kamar. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan saat mendesain kamar anak. Apa saja? Baca penjelasannya di bawah ini!

Tema Kamar

Pertama kali, Anda harus menentukan terlebih dahulu tema seperti apa yang akan digunakan untuk kamar anak. Setelah menentukan ini, Anda bisa menentukan hal-hal lainnya. Pilihlah tema yang cenderung netral dan tidak membosankan. Misalnya tema bunga, luar angkasa, kebun binatang, dan lain-lain. Hindari penggunaan tema yang sedang tren saat ini, karena nantinya akan jadi terlihat membosankan. Trik lainnya adalah dengan menggunakan stiker yang digunakan khusus tembok sehingga suatu saat nanti bisa dapat diganti atau dilepas dengan mudah tanpa merusak tembok rumah.

Warna Kamar

Setelah menentukan tema seperti apa yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah menentukan warna apa. Warna memiliki peran yang sangat penting di sebuah ruangan. Hal ini karena ketika Anda menerapkan warna yang salah dalam ruangan, maka kenyamanan saat sedang beristirahat pun bisa berkurang. Ada beberapa warna yang tidak tepat jika digunakan di kamar tidur dan jadi membuat tidur tidak nyenyak. Warna-warna yang perlu dihindari adalah warna hitam, kuning terang, dan warna merah. Anda juga tidak perlu terpaku pada kebiasaan menerapkan warna pink pada kamar anak perempuan dan warna biru pada kamar anak laki-laki. Gunakanlah warna lain yang lebih kreatif dan bisa disesuaikan dengan tema yang digunakan. Bahkan, jangan ragu juga untuk menggunakan percampuran beberapa warna di satu kamar, asalkan jangan berlebihan.

Keserasian

Ketika mendesain, memang sangat penting untuk memperhatikan keserasian dari berbagai unsur. Mulai dari tema, warna, peletakan furnitur, dan juga pencahayaan di ruangan tersebut. Terutama, untuk ruangan-ruangan yang berukuran kecil, perlu siasat agar tidak terlihat sempit dan sumpek. Misalnya saja pemilihan ukuran dari furnitur di dalam kamar. Hindari menggunakan furnitur dengan ukuran yang sangat besar, karena pastinya membuat kamar jadi lebih sempit. Letakkan juga kursi dan meja belajar di tempat yang tepat agar tidak terkesan berantakan. Jangan lupa, tambahkan juga karpet dengan bulu-bulu yang halus untuk mempermanis ruangan. Gunakan juga beberapa dekorasi sederhana baik berupa foto atau lukisan, atau Anda juga bisa meletakkan beberapa mainan favorit anak Anda di dalam kamar. 

0 komentar:

Posting Komentar