Sabtu, 03 Agustus 2019

Tips Ajukan Pinjaman Uang untuk Pernikahan

Tips Ajukan Pinjaman Uang untuk Pernikahan

Bukan rahasia lagi jika biaya pernikahan membutuhkan dana yang besar. Tak heran jika beberapa pasangan mengajukan pinjaman uang ke beberapa lembaga keuangan seperti bank atau produk yang lebih mudah seperti KTA dan pinjaman online.

Dari beberapa pilihan tersebut, pinjaman melalui bank memang memiliki bunga yang lebih ringan. Hanya saja tantangannya adalah prosesnya yang panjang dan memerlukan verifikasi data berlapis. Begitu juga dengan KTA. Produk KTA pun menjadi salah satu lini bisnis yang diberikan oleh bank. Bedanya pada proses survei yang tidak terlalu ketat.

Debitur yang sudah pernah mengajukan KTA dan disetujui cenderung punya keberhasilan lebih tinggi. Bahkan akan ditawari lagi saat masa jatuh temponya akan selesai atau utangnya akan selesai dicicil. 

Lalu bagaimana dengan calon debitur yang kesulitan mendapatkan pinjaman KTA maupun pinjaman dari bank? Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada beberapa fintech yang memberikan pinjaman untuk kebutuhan pernikahan.

Nah, oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa kamu simak sebelum mengajukan pinjaman uang untuk biaya pernikahan. 

Jangan Melebihi Sepertiga Pendapatan
Salah satu rumus umum yang akan menyelamatkan pernikahan kamu adalah jangan pernah mengajukan pinjaman melebihi sepertiga pendapatan. Pendapatan bisa dari salah satu pasangan atau penggabungan pendapatan kedua pasangan.

Artinya, pinjaman bersama pun harus disepakati bersama. Jangan sampai menjadi beban keduanya. Utang sebelum pernikahan pun harus diketahui masing-masing pasangan karena dana pinjaman digunakan untuk kebutuhan bersama. 

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengajukan pinjaman. Pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayarnya setelah pernikahan digelar. Berutang boleh saja asalkan ada kemampuan untuk membayar meskipun dengan cara dicicil.

Pastikan Bujet Utama Terpenuhi Tanpa Utang
Saat merencanakan pernikahan tentu kamu sudah memiliki perhitungan perencanaan pengeluaran dana. Penuhi dahulu bujet utama seperti penyewaan gedung dan biaya katering untuk tamu undangan.

Sedangkan untuk biaya lain seperti dekorasi, dokumentasi, serta make up bisa disesuaikan kembali berdasarkan ketersediaan dana. Ada beberapa vendor pernikahan yang menyediakan paket-paket hemat dan terjangkau.

Pikirkan Dana Darurat Setelah Acara Pernikahan
Beberapa hal yang kerap kali terlupakan dan dianggap kecil adalah menyiapkan dana darurat. Besarnya dana darurat setidaknya 10 persen dari total anggaran penikahan. Dana darurat bisa digunakan untuk kebutuhan tiba-tiba yang harus dikeluarkan di luar anggaran yang sudah diperkirakan.

Nah, dana darurat inilah yang sebetulnya cocok berasal dari pinjaman. Gunakan pinjaman hanya untuk kepentingan darurat saja. Misalnya ada kekurangan pembayaran jasa foto, keamanan lingkungan, dan lain sebagainya.

Porsinya pun juga kecil. Contohnya jika dana pernikahan yang dibutuhkan sebesar Rp100 juta, artinya kamu hanya membutuhkan dana darurat sekitar Rp10 juta saja, bahkan mungkin hanya setengahnya.

Pinjam di Fintech Tepercaya seperti Kredivo
Untuk pinjaman seperti itu, kamu bisa mengandalkan fintech seperti Kredivo. Kredivo sudah memiliki kredibilitas yang baik di tengah masyarakat sebagai salah satu penyedia cicilan belanja online tanpa kartu kredit. 

Selain sudah terdaftar resmi di OJK, sistem transaksi keamanan lewat Kredivo pun dijamin aman. Semua data-data debitur yang disubmit pun sudah terenkripsi dengan baik. 

Kelebihan Kredivo dibandingkan dengan fintech lain adalah memberikan bunga pinjaman yang rendah tapi sekaligus memberikan kredit limit paling tinggi diantara yang lainnya. Nominal kredit limit bisa mencapai Rp30 juta. Dengan kredit limit sebesar itu tentu cocok disiapkan untuk dana darurat pernikahan.

Daftar sekarang lewat aplikasi Kredivo langsung yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store. Ada dua layanan pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan bunga rendah hanya 2.95% saja per bulan. Bandingkan dengan fintech lain yang memberikan bunga tinggi hingga 1% per hari.

Pinjaman uang bukan lagi soal yang harus dipusingkan dengan adanya Kredivo. Proses pinjaman hanya membutuhkan waktu 1 menit. Sedangkan proses persetujuan pendaftaran hanya butuh waktu 1x24 jam saja. Unduh sekarang, daftar dan nikmati berbagai keuntungannya dari Kredivo. 

1 komentar:

  1. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online CMD 368 Sports
    Gratis Live Streaming dan Acara Olahraga Nyata

    BalasHapus