Selasa, 17 Maret 2020

Cara Memilih Ban Loader Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Ban Loader

Loader merupakan kendaraan alat berat yang digunakan untuk memuat hasil galian atau timbunan dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Salah satu komponen yang mempengaruhi kinerja loader terletak pada bannya. Jadi, memilih tempat jual ban loader yang berkualitas merupakan hal sangat penting untuk dilakukan.

Berkat Partindo Abadi merupakan salah satu tempat jual ban loader kualitas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau. Tak hanya ban loader saja, Berkat Partindo Abadi juga jual ban traktor dan ban alat berat lainnya.

Fungsi Loader dapat digunakan untuk pekerjaan seperti land clearing, penggusuran tanah, perataan timbunan material, mengangkut bahan material, mengelupas permukaan tanah, dan finishin dengan menghaluskan atau meratakan bidang pekerjaan.

Sebelum membeli ban atau roda yang tepat untuk loader, ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelumnya, yakni ukuran ban, pola atau desain dan kedalaman ulir pada ban, serta berat loader atau beratnya pekerjaan. Nah berikut ini beberapa cara memilih ban loader berkulitas dengan harga terjangkau.

Ukuran Ban

Ukuran ban bisa dilihat pada bagian samping ban. Biasanya terdapat dua set nomor atau ukuran pada ban loader, yakni lebar ban dan diameter rim ban. Misalnya saja, di bagian samping ban tertera ukuran seperti “20,5-25 (Tire Size)”

Ini berarti ukuran lebar ban adalah sebesar 20,5 inci, dengan diameter rim ban sebesar 25 inci. Bila ban tersebut merupakan ban bias maka biasanya akan ada tanda “X” di depan ukuran diameter rim. Namun bila ban tersebut merupakan ban radial, maka di depan ukuran diameter rim akan terdapat huruf “R”. Ban bias biasanya terdapat pada loader model lama, sedangkan loader baru yang ada saat ini kebanyakn menggunakan ban radial.

Pola dan Kedalaman Ulir atau Lug

Pola ulir atau yang biasa dikenal dengan istilah “lug” dalam bahasa Inggris juga harus menjadi pertimbangan kita saat memilih ban untuk alat berat loader. Mengingat, ada banyak jenis lug yang terdapat pada ban loader. Beda desain Pemilihan desain lug ini tergantung pada permukaan area pengerjaan proyek. Beberapa desain lug ini di antaranya :

Pola Kembang Lug

Pola ban ini cocok untuk kegiatan traksi. Semakin dalam pola lug, maka akan semakin baik pula traksi yang dilakukan. Namun, karena tekanan ban yang cukup tinggi, ban jenis ini tidak cocok digunakan untuk permukaan baton atau permukaan sensitif seperti pada rumput.

Pola Kembang Industrial

Ban dengan pola ini merupakan ban yang multifungsi karena bisa digunakan baik pada permukaan padat atau keras seperti beton juga pada permukaan yang lunak. Ban ini juga cocok untuk digunakan di jalanan umum.

Pola Skid Steer

Ban dengan pola ini juga dilengkapi dengan pelindung pelek (velg) serta memiliki lapisan benang cukup tebal sehingga cocok digunakan pada pekerjaan berat. Ukuran ban ini biasanya hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga banyak digunakan untuk compact wheel loader.

Berat Loader dan Kerja

Dua faktor ini mempengaruhi pemilihan rating atau ketebalan lapisan benang pada ban. Semakin tebal lapisan benang pada roda, semakin besar juga kapasitas berat loader atau kerja yang bisa ditanggung. Lapisan benang ini biasanya terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari 12 lapis hingga 20 lapis.

Ingat, ban pada alat berat tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris semata namun juga memiliki peranan yang besar dalam efektifitas kerja alat. Karenanya, pemilihan ban menjadi hal yang penting saat hendak membeli alat berat.

0 komentar:

Posting Komentar