Update Informasi Terbaru | 2020

Kamis, 17 September 2020

Museum Penuh Sejarah Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Kota Tua Jakarta

Museum Penuh Sejarah Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Kota Tua Jakarta
Sumber: https://www.bobobox.co.id/

Bersantai, menaiki sepeda onthel, mencicipi kuliner, dan berfoto bersama para seniman jalan adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh wisatawan Kota Tua Jakarta. Namun tahukah Anda bahwa di sekitarannya ternyata ada beberapa museum yang menyimpan koleksi yang luar biasa. Karena bukan kota tua namanya jika tidak menyimpan banyak sejarah. Dan sejarah-sejarah tersebut dikumpulkan di museum-museum ini.  Jika Anda tertarik untuk mengunjungi, berikut beberapa daftaranya. 

Museum Sejarah Jakarta

Sumber: https://www.tourismportrait.com/

Wisatawan mungkin asing dengan nama ini karena museum yang satu ini memang lebih akrab disebut sebagai Museum Fatahillah. Seperti nama resminya, Museum Sejarah Jakarta, tempat ini merangkum secara lengkap sejarah perkembangan Jakarta mulai dari bernama Batavia dan Jayakarta. Namun tidak hanya itu, Museum Sejarah Jakarta juga menyimpan replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, dan barang peninggalan zaman penjajahan Belanda. Selain koleksi bersejarah, ternyata gedungnya sendiri pun mempunyai sejarah yang panjang. Gedung museum ini dahulunya merupakan gedung balai kota pertama di Batavia, dan penjara bawah tanahnya dahulu adalah penjara utama di kota Batavia.

Museum Wayang

Sumber: https://www.thejakartapost.com/

Tidak jauh dari Museum Sejarah Jakarta Anda dapat menemukan Museum Wayang. Tentu saja museum ini berisi koleksi wayang, dengan beragam bentuk dan jenis. Koleksi wayang yang dipamerkan di sini sangat lengkap, karena tidak hanya dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, tetapi juga koleksi wayang yang berasal dari luar negeri. Ada pula koleksi topeng, boneka klasik dari luar negeri serta gamelan. Jika beruntung Anda pun bisa menyaksikan pagelaran wayang yang dilaksanakan pada minggu ke-2 dan ke-3 setiap bulannya. 

Museum Seni Rupa dan Keramik

Sumber: http://jakarta-tourism.go.id/

Masih di sekitaran komplek Museum Sejarah Jakarta dan Museum wayang terdapat Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini menyimpan berbagai karya seni rupa dari pelukis-pelukis terkenal dan legendaris dari Indonesia serta luar negeri. Lukisan-lukisan karya Raden Saleh, Affandi, dan Hendra Gunawan yang legendaris bisa Anda temukan di sini. Selain lukisan, karya seni lain yang dipamerkan antara lain keramik, patung, grafis, sketsa dan batik tulis. Setidaknya ada 500 koleksi seni rupa dan 1.350 jenis keramik yang bisa Anda nikmati keindahannya.   

Museum Bank Indonesia

Sumber: https://www.bi.go.id/

Ingin melihat koleksi uang Indonesia dari zaman kerajaan hingga saat ini? Anda bisa berkunjung ke Museum Bank Indonesia yang masih ada di sekitaran ketiga museum sebelumnya. Bangunan yang cukup luas ini menyimpan berbagai koleksi yang dibagi atas enam kategori sesuai masanya, mulai dari uang kerajaan di Nusantara, uang kolonial, uang awal kemerdekaan RI, uang pemerintah dan BI, uang token dan uang khusus. Tidak hanya uang, Museum Bank Indonesia melalui koleksinya juga menceritakan bagaimana sejarah perdagangan dan perbankan Indonesia secara lengkap. 

Museum Bank Mandiri

Sumber: https://www.tripadvisor.com/

Di sebelah Museum Bank Indonesia, juga berdiri dengan megah Museum Bank Mandiri. Ini adalah museum yang dimiliki oleh salah satu bank BUMN. Hampir sama seperti Museum Bank Indonesia,koleksi di sini juga menceritakan tentang perbankan “tempo doeloe”. Koleksinya cukup unik dan antik karena memperlihatkan alat-alat yang dipakai pada bank dahulu kala seperti peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin cetak, alat pres bendel dan lain sebagainya yang masih kuno. Selain koleksinya, gedung yang dipakai juga sangat kuno karena masih sama seperti aslinya pada saat pertama dibangun. 

Museum-museum ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah lebih mendalam. Pastinya ini adalah tempat yang menarik untuk mempelajari sejarah dengan cara serta fasilitas yang tidak membosankan. Tidak perlu ragu-ragu karena harga untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau. 

0 komentar:

Posting Komentar