Update Informasi Terbaru | 2020

Rabu, 28 Oktober 2020

Cara Melunasi Hutang Pinjaman Uang Tanpa Agunan

Cara Melunasi Hutang Pinjaman Uang Tanpa Agunan

Perjalanan menuju kemapanan memang tidak semudah yang dipikirkan, dan akan ada hari di mana Anda membutuhkan uang yang belum Anda miliki. Mau tidak mau Anda perlu meminjam, tapi dari mana Anda bisa mendapatkan pinjaman? 

Jika dari bank, persyaratannya cukup banyak, seperti menjadikan aset sebagai jaminan, dan ini juga memakan waktu. Cara ini tidak baik jika Anda membutuhkan uang secepatnya. Anda mungkin belum pernah meminjam dari koperasi karena belum memiliki syarat atau keanggotaan. Anda mungkin juga merasakan sungkan jika meminta pinjaman kepada teman. Untungnya platform pinjaman uang seperti Credy Indonesia dapat memecahkan masalah Anda ini. 

Sebagai tambahan nilai positif, Anda juga dapat melakukan pinjaman uang tanpa agunan, alias tanpa mengorbankan aset sebagai jaminan. 

Cara melunasi hutang setelah meminjam uang tanpa agunan

Nah, pasti Anda sudah mengetahui bahwa jika pinjaman tanpa agunan tidak memerlukan aset jaminan sebagai kolateral peminjam, artinya Anda akan membayar bunga yang lebih tinggi dibandingkan jika Anda meminjam dengan jaminan. 

Lalu, sebelum Anda terbelit dengan hutang secara tidak sengaja, maka penting sekali bagi Anda untuk mencermati tips berikut agar dapat membayar pinjaman uang tanpa agunan. 

Siapkan barang untuk dijual sebagai perlindungan terakhir

Sebagai tahap pertama, ini mungkin terdengar menyeramkan. Mengapa Anda harus memikirkan barang apa yang Anda perlu jual dari awal? Karena inilah yang menjadi perlindungan terakhir keuangan Anda. Jika pada tahap-tahap berikut Anda masih belum bisa menghentikan berkembangnya bunga, maka barang-barang yang Anda jual harus bisa menyelamatkan Anda.

Mempersiapkan mental untuk situasi terburuknya

Selain itu, Anda juga mempersiapkan diri secara mental. Ketika hutang Anda ternyata tidak terkendali, ada kemungkinan Anda akan panik dan tidak dapat berpikir dengan tenang. Mumpung ada waktu, pikirkan dengan baik-baik. Jika Anda memiliki akun tabungan, cairkan tabungan itu karena deposito tidak dapat dicairkan sebelum masanya. Jika Anda memiliki obligasi, cari cara untuk menjualnya. 

Penting diperhatikan sebelum menjual aset pelunasan hutang pinjaman uang tanpa agunan

Sebelum Anda berencana menjual aset yang lebih riskan, seperti emas, saham dan/atau mata uang asing, cobalah untuk menjual aset-aset yang tidak Anda sering gunakan, seperti kendaraan, sepeda, sepatu bermerek, dan perabot. Hitung terlebih dahulu perkiraan nilai jual dari semua barang yang Anda perlu jual. Contohnya, jika jumlahnya Rp 1.5 juta, maka Anda dapat menunggu sampai hutang mencapai Rp 1.5 juta sebelum Anda perlu menjualnya.

Carilah hiburan yang ekonomis

Untuk sebagian besar masyarakat, uang habis dikonsumsi oleh hiburan-hiburan yang mahal. Tentunya Anda akan tergoda untuk berjalan-jalan ke mall, mampir ke cafe, dan jajan bersama teman-teman. Jika teman-teman mengajak Anda, jangan malu untuk berkata bahwa Anda sedang “tidak ada uang” untuk bermain. Tidak masalah karena setiap orang memiliki masa-masa seperti itu.

Carilah hiburan yang ekonomis, namun bukan murahan. Hiburan ekonomis yang menambahkan ilmu akan sangat baik sebagai penyegar setelah Anda bekerja keras. Misalnya, dengan Rp 100.000, Anda dapat membeli novel yang akan menemani Anda selama 3 bulan. Bandingkan dengan uang Rp 50.000 yang habis dalam satu akhir pekan.

0 komentar:

Posting Komentar