Update Informasi Terbaru | 2020

Kamis, 29 Oktober 2020

Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Berikut Program Unggulan Tanoto Foundation

Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Berikut Program Unggulan Tanoto Foundation

Salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan taraf hidup adalah dengan pendidikan yang berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut, Tanoto Foundation merancang beberapa program yang dikhususkan untuk anak di Indonesia. Mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar hingga perguruan tinggi tersedia. Berikut program unggulan yang disediakan.
 

Program Unggulan Organisasi Filantropi Terbaik Di Indonesia

1. SIGAP

Siapkan Generasi Anak Berprestasi atau lebih dikenal dengan sebutan SIGAP, diperuntukkan bagi anak di usia dini, mulai dari umur 0 hingga 6 tahun. Hadirnya program tersebut, dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di daerah pedesaan maupun perkotaan, khususnya bagi anak yang berada di garis kemiskinan.

Dengan program SIGAP tersebut, bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui langkah pengasuhan yang tepat. Dalam hal ini, semua anak akan mempunyai kesempatan yang sama untuk merasakan pembelajaran anak usia dini yang berkualitas, perawatan dan pengasuhan, pendidikan PAUD, hingga siap untuk mengikuti pendidikan di sekolah dasar.

Selain itu, Tanoto Foundation juga berkontribusi langsung dalam pencegahan stunting. Seperti yang diketahui, angka stunting di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Bahkan, sekitar 10 juta anak di Negeri ini, masih mengalami stunting. Maka dari itu, maka dari itu, untuk menurunkan angka tersebut, program SIGAP dibuat untuk anak di usia dini, yang rawan mengalami stunting. 

2. PINTAR

Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau yang disingkat PINTAR, merupakan program yang dibuat dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Untuk mendukung program kerja ini, organisasi filantropi tersebut telah bekerja sama dengan sekolah mitra, lembaga pelatihan guru, pemerintah dan asosiasi lainnya.

Dalam hal ini, lembaga ini akan memberikan pelatihan pada guru dan kepala sekolah mitra, agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan manajemen sekolah, serta membuat sistem pembelajaran yang menarik. Selain itu, organisasi tersebut juga akan membantu peningkatan infrastruktur sekolah mitra, misalnya renovasi atau pembangunan perpustakaan.

Dengan adanya perpustakaan yang baik dan berkualitas, tentu akan meningkatkan budaya membaca siswa di sekolah. Perlu diketahui, minat baca di Indonesia masih tergolong cukup rendah, dibandingkan dengan Negara lainnya. Menurut UNESCO di tahun 2012 silam, indeks minat baca masyarakat hanya sekitar 0,001, artinya dari 1000 orang hanya ada satu yang mempunyai kegemaran membaca.

3. TELADAN

Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan atau yang dikenal dengan TELADAN, merupakan program unggulan yang disasarkan pada mahasiswa. TELADAN bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang bertanggung jawab sebagai pemimpin masa depan. Maka dari itu, target dari program ini adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan pada mahasiswa.

Di program ini, memberikan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat pertama di perguruan tinggi yang bermitra dengan lembaga filantropi tersebut. TELADAN memberikan banyak manfaat yang akan dirasakan oleh Tanoto Scholar. Tak hanya kepemimpinan, dukungan finansial juga diberikan, baik biaya perkuliahan hingga tunjangan bulanan. 

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-.

0 komentar:

Posting Komentar