Update Informasi Terbaru | Terkini

Kamis, 10 Desember 2020

Mengenal 4 Jenis Karpet Masjid Berdasarkan Bahannya

Mengenal 4 Jenis Karpet Masjid Berdasarkan Bahannya

Keberadaan masjid atau mushola menjadi hal yang penting dan diagungkan bagi umat Islam. Pasalnya bangunan ini dijadikan sebagai tempat beribadah, seperti sholat, kajian, dan lain sebagainya. Selain untuk menambah kenyamanan, harga karpet masjid tanah abang yang bervariasi dihadirkan untuk memperindah ruangan masjid. Berikut jenis jenis karpet yang biasa digunakan.

Jenis Jenis Karpet untuk Masjid

1. Karpet Turki

Jenis karpet pertama yang banyak digunakan dalam masjid yaitu karpet Turki. Jenis karpet ini sendiri asalnya dari negara Turki, dan sudah dibuat sejak pertengahan abad ke 13. Dulunya masyarakat setempat di Turki menjadikan karpet ini sebagai barang wajib, yang harus dimiliki oleh setiap rumah untuk menutupi lantai agar terhindar dari cuaca dingin yang cukup ekstrim.

Sedangkan untuk karpet yang berukuran lebih kecil dimanfaatkan sebagai sajadah atau alat sholat. Seiring perkembangannya, karpet Turki mulai banyak digunakan di lantai lantai masjid. Terdapat dua hal utama yang membuat jenis karpet ini banyak diburu. Yang pertama karena keawetannya, dan yang kedua karena kecantikan motif yang dimilikinya.

Dalam pembuatannya sendiri, saat ini sudah banyak karpet Turki yang dibuat dengan menggunakan mesin meski ada pula yang dibuat dengan tangan. Harga karpet masjid tanah abang jenis Turki yang berusia puluhan tahun biasanya dihargai lebih mahal, sebab karpet Turki semakin tua malah akan terlihat semakin bagus. Itulah letak keunikan dari jenis karpet satu ini. 

2. Karpet Printing

Selain karpet Turki, selanjutnya ada juga karpet printing yang banyak digunakan di berbagai masjid. Karpet ini terbuat dari bahan benang nylon, sehingga tidak perlu anda ragukan lagi bagaimana keempukannya saat ditempati. Selain itu bahan nylon disebut sebut memiliki ketahanan yang tinggi dan tidak mudah berubah, sehingga karpet ini bisa dibilang sangat awet.

Untuk ketebalannya, karpet printing umumnya ditawarkan dengan ketebalan yang beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sementara itu pembuatan jenis karpet printing biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik pemintalan benang, sehingga proses produksinya bisa dibilang lebih mudah daripada jenis lainnya. Selain itu sesuai dengan namanya, motif dibuat dengan teknik print.

3. Karpet Imperial

Harga karpet masjid tanah abang yang tidak terlalu jauh berbeda dari karpet printing, yaitu karpet imperial ini. Pasalnya jenis karpet imperial juga berbahan dasar nylon, yang merupakan bahan yang digunakan untuk membuat karpet printing. Bahan nylon sendiri sudah dikenal sangat nyaman untuk digunakan sehari hari.

Bahannya yang terbuat dari nylon membuat permukaan karpet imperial sangat lembut dan tidak panas, sehingga cocok digunakan di masjid. Anda akan merasa nyaman saat menggunakannya sebagai alas sholat, atau ketika menghadiri kajian. Umumnya karpet imperial disediakan dalam berbagai ukuran baik untuk masjid maupun mushola.

4. Karpet Meteran

Jenis karpet masjid terakhir yang juga banyak digunakan yaitu karpet meteran. Jenis ini bahkan merupakan yang paling banyak dan sangat umum digunakan, anda bisa menemukannya dengan mudah di masjid masjid terdekat. Oleh sebab itu, tentunya anda juga bisa menemukannya dengan mudah di pasaran dengan harga yang relatif murah.

Harga karpet mushola ini bisa dibilang yang paling ekonomis, dimana anda juga bisa memilihnya sesuai dengan selera. Sebab karpet meteran ditawarkan dalam motif dan corak yang cukup beragam, dengan banyak pilihan macam warna yang menarik. Mengenai jenis bahan serta ketebalannya juga bervariasi, dan biasanya diobras pada setiap ujungnya.

Berbagai jenis karpet tersebut umumnya ditawarkan dalam berbagai ukuran, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan baik digunakan di masjid atau mushola. Bahkan beberapa juga menerima custom karpet, jadi segera pesan karpet anda agar ibadah semakin nyaman. Untuk informasi lainnya bisa anda temukan dengan mengunjungi situ ex-rp.com.

0 komentar:

Posting Komentar