Update Informasi Terbaru | 2020

Selasa, 01 Desember 2020

Simak 5 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Dihindari

Simak 5 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Dihindari

Penyebab rambut rontok memang dipelopori oleh berbagai macam faktor. Tidak dapat dipungkiri bahwa rambut rontok dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Untuk mengurangi jumlah rontoknya rambut, tentu Anda harus mengetahui faktor yang memicu kerontokan. Berikut beberapa faktor yang membuat rambut yang perlu diwaspadai. Simak ulasannya.

Pemicu Rontoknya Rambut Secara Berlebihan

1. Anemia 

Anemia atau kekurangan zat besi memang menjadi salah satu alasan mengapa rambut Anda bisa rontok dimana-mana. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi tidak mengandung zat besi yang cukup. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut khususnya tingkat kerontokan.

Kekurangan zat besi pada tubuh dapat mengakibatkan hemoglobin dan sel darah merah juga akan menurun. Sehingga kandungan ferritin dalam rambut pun menjadi terganggu. Padahal ferritin sangat penting dalam proses pemberian nutrisi pada rambut manusia. Tidak heran, jika seseorang yang kekurangan zat besi atau anemia pasti mengalami kerontokan rambut.

2. Kurangnya Asupan Protein

Salah satu penyebab rambut rontok selain kekurangan zat besi yaitu juga kekurangan asupan protein yang cukup. Protein memiliki tugas yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut agar lebih baik dan tidak rontok. Ketika protein kurang, maka pertumbuhan rambut pun juga akan ikut berkurang.

Untuk menambah asupan nutrisi berupa protein, sebaiknya tidak hanya berupa protein daging. Tetapi juga protein pada berbagai macam sumber makanan seperti kacang-kacangan dan lain sebagainya. Jika tidak diimbangi dengan sumber makanan yang serupa, maka rambut akan terus rontok.

3. Mempunyai Masalah Tiroid

Rusaknya kelenjar tiroid pada tubuh manusia juga menjadi pemicu terjadinya rambut rontok. Tiroid sendiri memiliki fungsi yang cukup krusial pada pertumbuhan rambut. Karena dapat mengatur kadar hormon dalam tubuh dengan baik. Jika kelenjar ini rusak, maka beberapa hormon juga akan ikut terganggu. 

Kelenjar tiroid yang rusak dapat dibuktikan dari jumlah rambut yang rontok melebihi batas normal pada umumnya. Penyebab rambut rontok satu ini tidak boleh disepelekan, harus dilakukan perawatan agar kerusakan kelenjar tiroid tersebut juga tidak semakin memberikan pengaruh buruk terhadap tubuh lainnya.

4. Stress

Stress memang menjadi salah satu pemicu terjadinya rambut rontok yang berlebihan. Stress sendiri bisa terjadi karena berbagai macam urusan seperti urusan pekerjaan, kehilangan barang, orang, atau hewan yang dicintai. Stress juga bisa terjadi karena tekanan dari kebutuhan dan pemasukan sehari-hari yang tidak seimbang.

Hal-hal demikianlah yang bisa memicu rambut rontok. Ditambah lagi, ketika stress pasti tidak akan sempat untuk memikirkan perawatan diri dengan baik. Alhasil, tubuh pun menjadi tidak terawat dan menyebabkan bagian tubuh lainnya akan menjadi sakit. Harus dilakukan berbagai cara untuk menghilangkan stress yang dialami.

5. Keturunan

Sering terlupakan ketika banyak orang mengalami rambut rontok. Hal berikut juga menjadi penyebab rambut rontok yang cukup dominan. Pengaruh dari genetik atau keturunan juga bisa menjadi pemicu mengapa masalah rambut rontok tidak kunjung usai. Kondisi ini juga disebut dengan androgenic alopecia atau situasi dimana kebotakan yang terjadi terhadap pria maupun wanita.

Ditambah lagi, jika usia seseorang semakin menua maka kondisi ini akan semakin sering terjadi. Karena kondisi fisik yang sudah tidak lagi prima membuat rambut pun semakin lama semakin tidak sehat dan tidak menghasilkan nutrisi yang memang seharusnya untuk menjaga kesehatan rambut.

Terlepas dari segala pemicu terjadinya rambut rontok, hal yang patut untuk dilakukan adalah terus merawat dan mensyukuri apapun kondisi rambut. Penyebab-penyebab di atas diatasi namun memang perlu kesabaran dalam merawatnya. Anda juga harus terus berusaha untuk hidup dengan pola yang lebih sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar