Update Informasi Terbaru | 2020

Selasa, 15 Desember 2020

Yuk Simak Kegunaan PVC Waterstop Untuk Konstruksi Bangunan Beton Anda

Yuk Simak Kegunaan PVC Waterstop Untuk Konstruksi Bangunan Beton Anda

Beton adalah elemen bangunan yang sangat penting. Tentunya, beton memiliki fungsi sebagai penyangga terhadap struktur bangunan yang lain. Sayangnya, posisi beton yang berada pada daerah yang sering rentan terkena rembesan dan aliran air menyebabkan konstruksi yang satu ini harus dilindungi agar tidak mudah rusak. Salah satunya menggunakan PVC waterstop. Berikut selengkapnya.
Mengenal Lebih Dekat Waterstop Yang Satu Ini.

Bangunan atau beton yang sering terkena aliran dan rembesan air dapat menimbulkan retakan maupun rekahan. Akibatnya, beton yang seharusnya mampu menahan berbagai struktur bangunan menjadi ancaman yang paling serius. Terlebih lagi jika rekahan dan retakan ini terjadi pada bangunan yang tinggi dan bertingkat.

Tentunya, waterstop sangat diperlukan dalam mengatasi masalah ini. Waterstop atau bisa disebut sebagai alat penyumbat air biasanya diletakkan pada celah yang terletak di antara dinding beton dan lantai. Alat yang satu ini terlihat seperti karet yang lentur dan fleksibel. Oleh karena itu, material ini sangat diperlukan dalam pergerakan beton.

PVC waterstop terbuat dari bahan polimer plastik sintetis atau polyvinyl chloride (PVC). Bahan yang satu ini sangat elastis sehingga banyak digunakan untuk menggantikan produk karet karena memiliki sifat yang serupa. Sifat bahan yang sangat elastis ini sangat diperlukan dalam sambungan konstruksi bangunan karena tahan terhadap tekanan air dan berbagai bahan kimia.

Fungsi Waterstop Berbahan PVC

Bentuk bangunan yang beragam seringkali membuat beberapa bagian yang akan dicor harus disambung. Oleh karena itu, penggunaan waterstop yang satu ini sering digunakan pada sambungan beton. Sayangnya, bentuk sambungan yang tak terlihat ini terkadang membuat seseorang lupa, sehingga terjadi kebocoran yang terdapat pada lantai bawah.

Untuk menghindari kejadian tersebut, seseorang biasanya memberikan garis penanda untuk melakukan pemberhentian cor lama dengan cor baru. Pemasangan PVC waterstop juga dilakukan sebelum pengecoran lantai. Dalam hal ini, waterstop berbahan PVC akan dijepitkan pada tulang besi lantai. Lalu, kegiatan pengecoran dapat dilakukan setelah waterstop sudah terpasang.

Pemasangan tersebut dapat memberikan dampak positif dalam menjaga tulang beton dari kebocoran air. Selain itu, waterstop ini juga dapat berfungsi untuk melindungi gangguan beton dari udara. Dalam hal ini, tegangan yang disebabkan oleh udara terkadang mampu memutuskan waterstop. Namun, sifat waterstop yang sangat elastis dan lentur bisa mengatasi gangguan ini.

Begitu pula, polimer plastik sintetis yang digunakan dalam membuat alat ini juga tahan terhadap korosi karena dapat menghasilkan gaya pegas. Akibatnya, waterstop ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Penurunan tanah yang dapat terjadi di suatu wilayah bahkan tidak bisa mempengaruhi kualitas konstruksi bangunan ini.

Selain itu, PVC waterstop juga memiliki kualitas yang sangat bagus, tentunya, penyusutan beton yang dapat terjadi akibat tekanan dan menimbulkan tension strength bisa ditahan menggunakan alat yang satu ini. Bahkan, bentuk elastis yang dihadirkan juga memudahkan anda dalam pemasangannya.

Waterstop berbahan PVC ini bahkan sangat ringan untuk dibawa. Begitu pula, anda bisa membawa dan melipatnya dengan mudah karena bentuk yang elastis. Waterstop yang satu ini bahkan sangat mudah dipasang, dipotong dan disambung menggunakan pisau pemotong biasa. Anda juga bisa menggunakan welding gun dan soft welding rod untuk menyambungnya.

Waterstop sangat memudahkan anda dalam menjaga kualitas beton konstruksi bangunan. Tentunya, penggunaan alat dengan bahan yang lentur ini dapat mempertahankan kualitas pondasi bangunan dalam jangka lama. Anda bahkan bisa memiliki alat berbahan PVC berkualitas ini dengan menghubungi CV Pasti Jaya.

0 komentar:

Posting Komentar