Update Informasi Terbaru | Terkini

Minggu, 30 Mei 2021

Terlihat Membosankan, Berikut 5 Kelebihan Kuliah Online yang Bisa Kamu Rasakan

Terlihat Membosankan, Berikut 5 Kelebihan Kuliah Online yang Bisa Kamu Rasakan

Kuliah online sebenarnya sudah ada sejaj sebelum munculnya pandemi Covid-19. Namun karena kemunculan pandemi ini, banyak aktivitas yang akhirnya dituntut untuk dilakukan secara online. Terasa jenuh dan membosankan, atau bahkan merepotkan. Tapi sebenarnya, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu ambil dari perkuliahan online ini lho!

5 Kelebihan yang Bisa Dimanfaatkan saat Berkuliah Secara Online

1. Kuliah di Perguruan Tinggi Favorit

Saat ini banyak sekali kampus-kampus favorit terakreditasi yang mulai menggalakkan program pembelajaran secara online. Untuk kamu yang tinggal jauh dari lokasi kampus ini akan menjadi lebih mudah mengikuti kegiatan perkuliahan. Kmu tak perlu pergi merantau jauh untuk kuliah.

Kamu bisa mencar informasi pendaftaran online kampus-kampus yang kamu idamkan. Proses seleksi yang dilakukanpun juga melalui online. Tak hanya dalam negeri, banyak juga perguruan tinggi luar negri yang sudah menggunakan sistem ini lho! Pasti kamu akan senang jika bisa berkuliah di kampus yang kamu inginkan.

2. Pembayaran Fleksibel Sesuai Anggaran

Kini kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk dapat gelar sarjana! Banyak sekali perguruan tinggi yang menawarkan sistem belajar online dengan pembayaran yang fleksibel menyesuaikan anggaran yang kamu punya dan tergantung mata kuliah yang kamu ambil. Kamu hanya perlu mempunyai perangkat dan internet yang memadai.

Bahkan terdapat beberapa kampus yang memberikan beberapa edukasi online secara gratis. Kamu akan dikenakan biaya apabila membutuhkan sertifikatnya saja. Beragam kampus yang menawarkan edukasi online ini bisa berasal dari dalam maupun luar negeri. Misalkan Harvard University yang menawarkannya melalui laman online-learning.harvard.edu.

3. Tidak Memerlukan Biaya Hidup Tambahan

Banyak mahasiswa perantau yang membutuhkan banyak tambahan biaya hidup untuk tempat tinggal dan kebutuhan lainnya. Tentu  biaya hidup yang dikeluarkan ini menjadi tidak sedikit. Dengan model perkuliahan online ini, kamu bisa menghemat banyak sekali biaya yang bisa digunakan untuk aktivitas lain.

Kamu bisa memanfaatkan biaya hidup tambahan ini untuk berbagai hal yang bermanfaat. Biaya ini bisa kamu gunakan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mempelajari pengetahuan baru diluar bidang kuliahmu. Tentu semua itu akan bermanfaat saat kamu sudah lulus nanti.

4. Waktu Lebih Fleksibel

Jadwal kuliah online cenderung lebih fleksibel, tidak seperti berkuliah dengan bertatap muka. Tentu akan banyak waktu luang yang bisa kamu dapatkan diluar jam kuliah. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk mencari pengalaman dan mempelajari hal baru diluar pengetahuan kuliahmu. Semakin banyak pengetahuan semakin luas juga wawasanmu.

Tak hanya itu, bagi kamu yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguran tinggi, maka sistem pembelajaran ini akan menjadi solusinya. Waktu yang sangat fleksibel ini tidak akan mengganggu jam kerja kamu. Kamu masih dapat terus meneruskan pendidikanmu ditengah sibuknya aktivitas bekerja.

5. Melatih Kemandirian dan Manajemen Waktu

Sistem belajar seperti ini akan menuntut kamu untuk terus melatih kemandirian dan mengatur waktu. Kamu harus bisa mencari tahu dan mengembangkan materi-materi perkuliahan yang sudah kamu dapatkan dengan kesadaran dari dirimu sendiri. Tak semua mahasiswa memiliki kesadaran diri untuk belajar dan mencari tahu.

Kamu harus bisa memotivasi dirimu sendiri agar mau terus berkembang dan tidak dikuasai oleh rasa malas. Jangan sampai waktu keuliah yang terlalu fleksibel membuat kamu menghabiskan waktu dengan hal-hal yang krang bermanfaat. Aktivitas belajar online akan membantumu melatih kemandirian.

Itulah beberapa kelebihan dari perkuliahan yang dilakukan secara online. Jadi untuk kamu yang sedang menjalaninya harus terus bersemangat dalam menempuh pedidikan ini. Meskipun melalui online, semoga semua yang kamu pelajari dapat berguna dan dapat membantumu meraih impian dan cita-cita.

0 komentar:

Posting Komentar

RajaView
RajaView