Update Informasi Terbaru | Terkini

Selasa, 03 Agustus 2021

Inilah 5 Kelebihan Kabel Fiber Optik

Inilah 5 Kelebihan Kabel Fiber Optik

Kecepatan akses merupakan poin penting yang dibutuhkan oleh sebuah jaringan komputer. Demi mendukung hal ini maka dibutuhkan jenis kabel yang tepat sebagai perantara. Kabel yang digunakan adalah tipe optic fiber. Fungsi kabel fiber optik ini sama seperti jenis kabel pada umumnya yakni menghubungkan satu komputer dan lainnya yang berada di satu jaringan.

Kelebihan Kabel

Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kabel ini berbeda dari jenis kabel pada umumnya. Kabel jenis ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya bisa bekerja lancar dalam proses transmisi. Berikut adalah 5 kelebihan kabel optic fiber yang penting untuk diketahui:

1. Kemampuan Penghantar yang Baik

Jenis kabel satu ini punya kemampuan penghantaran data yang sangat baik. Kabel memungkinkan untuk mengantarkan data dengan kapasitas yang sangat besar. Tak hanya itu, kabel ini juga bisa mengirimkan data tersebut dengan kecepatan yang tinggi. Jarak transmisi yang bisa dilalui oleh kabel ini pun sangat jauh sehingga efektif dan memungkinkan transfer data secara cepat.

2. Bentuk Fisik Ringkas

Jika dibandingkan dengan kabel-kabel pada umumnya, tipe kabel ini memiliki bentuk yang lebih ringkas dan fleksibel. Meskipun kemampuan transmisinya sangat besar, namun bentuk fisik dari kabel ini terbilang kecil. Ukurannya kecil karena kabel ini terbuat dari bahan serat kaca dan plastik. Dengan ukuran yang tergolong kecil ini maka penggunaan kabel tidak akan membutuhkan ruang yang terlalu besar.

3. Bebas Gangguan Sinyal

Fungsi kabel fiber optik ini bisa berjalan secara optimal dan bebas dari gangguan sinyal. Mulai dari sinyal elektromagnetik maupun sinyal radio. Kabel ini memiliki ketahanan yang sangat baik dan tergolong sangat stabil. Itulah mengapa kabel optic fiber ini digunakan di perusahaan dengan kapasitas jaringan komputer yang besar.

4. Rendah Risiko Kehilangan Data

Meskipun kabel ini bisa membawa transmisi data dengan kapasitas yang besar, namun tingkat keamanannya bisa diandalkan. Kabel jenis ini memiliki risiko kehilangan data yang sangat rendah. Validitas data tidak perlu diragukan lagi berkat penggunaan jenis kabel yang satu ini. Cocok dengan spesifikasinya yang digunakan dalam suatu sistem jaringan komputer.

5. Lebih Aman

Tipe kabel ini tidak menggunakan listrik. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa kabel ini tidak akan terkena korsleting. Tidak adanya risiko korsleting ini membuat jenis kabel optic fiber dikenal jauh lebih aman dari tipe kabel biasa. Segi keamanan ini membuat optic fiber jauh lebih efektif digunakan untuk jaringan komputer berkapasitas besar.

Itulah 5 kelebihan dari kabel fiber optik. Tipe kabel ini bisa memberikan performa transmisi data yang sangat baik. Fungsi kabel fiber optik juga dapat berjalan secara optimal berkat setiap komponen kabel bekerja efektif dan saling mendukung satu sama lain sesuai tugasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

RajaView
RajaView