Update Informasi Terbaru | Terkini

Sabtu, 13 November 2021

Mengenal Database serta Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari


Bila anda berkecimpung dalam dunia informatika maupun komputer maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya database. Karena sistem ini ada hampir di seluruh perangkat elektronik yang anda miliki. Mulai dari smartphone hingga komputer. Data yang terstruktur pada perangkat anda ini memiliki banyak fungsi. Sebelum itu, mari baca gambaran sistem yang keren ini.

Basis data dan DBMS itu seperti seperti apa?

Suatu data yang terstruktur yang mampu memberikan informasi disebut dengan basis data. Contoh mudahnya yaitu data penjualan dari online shop dapat digunakan untuk melakukan analisis pertumbuhan serta pendapatan toko yang dikelola. 

DBMS sendiri lebih pada aplikasi yang telah dirancang guna menyimpan serta mengelola data yang ada di perangkat. Aplikasi tersebut bisa langsung dipakai oleh anda tanpa harus ribet. Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu dengan langsung diintegrasikan melalui aplikasi lain ataupun melalui sesama basis data.

Banyak sekali DBMS yang populer di kalangan ahli informatika hingga di lingkungan masyarakat. Mulai dari SQLite, FileMaker Pro, Microsoft Access, IBM DB2 dan masih banyak yang lainnya. Namun jika anda ingin mengelola sebuah database disarankan untuk menggunakan ODBC, JDBC, dan juga SQL karena dapat langsung diintegrasikan pada beragam aplikasi bisnis.

Fungsi dari adanya DBMS yang Wajib Anda Tahu

1. Kamus Data

Fungsi pertama yaitu sebagai kamus data. Hal ini dapat terjadi karena DBMS telah menyimpan elemen dari data anda, kemudian saling keterkaitan dengan data kamus. Sehingga dengan adanya kamus data tersebut anda bisa mempelajari struktur data dengan lebih kompleks saat membuat aplikasi data.

2. Penyimpanan Data pada Perangkat Anda

Fungsi lainnya yang wajib anda tahu yaitu untuk menyimpan data. Data yang bersifat kompleks bisa disimpan pada perangkat ini. Namun data tersebut harus disimpan dengan cara efisien, baik menggunakan bantuan memori maupun hardisk. Karena dengan penyimpanan yang benar dapat mempengaruhi pada kinerja basis data.

3. Pencadangan Perangkat Serta Pemulihannya

Aplikasi DBMS memang dirancang dengan kelengkapan fitur yang mampu melakukan pencadangan serta pemulihan data. Sebaiknya basis data harus dilakukan backup secara berkala guna menjaga keamanan suatu database. Kegiatan ini dilakukan antisipasi adanya data anda hilang. Sehingga backup bisa dijadikan solusi.

4. Sebagai Data Keamanan

Keamanan sebuah data yang anda miliki merupakan salah satu dari sekian banyak fungsi dari aplikasi DBMS. Hal ini dikarenakan DBMS mempunyai standarisasi keamanan yang cukup keren. Privasi data yang ditawarkan juga sangat kuat. Sehingga agar bisa sampai level mengakses data, diperlukan verifikasi mulai dari hak melihat, memasukkan, maupun menghapus data.

5. Data Integritas

Tidak hanya keamanan yang terjamin, akan tetapi DBMS juga menawarkan aturan-aturan yang berkaitan dengan data yang anda miliki. Aturan tersebut bermanfaat untuk mengurangi sia sia data. Selain itu juga berguna dalam memaksimalkan konsistensi data yang anda miliki. Kemudian integritas data ini lebih memberikan fungsi untuk kegiatan transaksional.

6. Transformasi 

Aplikasi DBMS berfungsi dalam kegiatan input database sesuai dengan struktur, sehingga hasil yang didapatkan tidak sia-sia. Kemudian data yang sudah disimpan secara terstruktur tersebut idealnya harus bisa ditarik kembali maupun ditampilkan kepada pengguna secara informatif.

Basis data kini sangat penting untuk menyimpan berbagai data yang anda miliki. Dan untuk memudahkan, anda bisa menggunakan aplikasi DBMS yang memberikan banyak fungsi. Terutama untuk kegiatan penyimpanan data. Bahkan hal-hal privasi anda juga akan dilindungi dengan fitur aplikasi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

CLOSE ADS
RajaBackLink.com
CLOSE ADS
RajaBackLink.com