Sebelum Menggunakan Jasa pengurusan IUJP, Berikut Dokumen Yang Harus Dipersiapkan


Penggunaan jasa pengurusan iujp atau Izin Usaha Jasa Pertambangan akan memudahkan anda dalah hal surat menyurat. Namun walaupun menggunakan bantuan jasa pengurusan, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapakan dan menjadi syarat administratifnya. Berikut adalah daftar berkas yang harus dipersiapkan.

8 Syarat Wajib Untuk Kelengkapan Administrasi IUJP

1. Nomor Kontak Yang Masih Aktif 

Syarat satu ini memang terlihat sederhana namun sangat penting. Mencantumkan daftar nomor kontar yang masih aktif dan bisa dihubungi adalah wajib. Hal ini karena akan berhubungan dengan konfirmasi data yang diberikan nantinya. Tak hanya nomor telepon, namun juga diminta untuk mencantumkan email yang aktif. 

2. Bukti Penyerahan Sebelumnya

Syarat yang kedua ini adalah syarat yang harus disediakan bila ingin melakukan perpanjangan IUJP. Namun bila pemohon baru yang belum pernah melakukan pengurusan IUJP sebelumnya, dokumen ini tidak perlu dilampirkan. Bukti penyerahan ini bisa dilampirkan yang berjangka waktu tahunan ataupun triwulan terakhir. Dokumen haruslah yang masih jelas terbaca. 

3. Surat Keterangan Domisili

Syarat Jasa pengurusan siujp yang berikutnya adalah melampirkan surat keterangan domisili. Hal satu ini akan berhubungan dengan lokasi yang ditinggali saat ini. Lokasi rumah, kantor ataupun perusahaan harus tercantum dengan jelas. Untuk rumah pribadi anda bisa melampirkan PBB atau rekening listrik dan rekenik telepon bila ada. 

Sedangkan untuk kantor atau perusahaan, surat keterangan domisili yang dibutuhkan juga berbeda. Untuk perusahaan biasanya akan diiringi dengan melampirkan akta pendirian perusahaan bila diperlukan. Dokumen yang dimaksud adalah berkas yang akan menunjukkan lokasi domisili perusahaan tersebut secara sah. 

4. Lampiran Surat Pernyataan dan Permohonan

Syarat yang berikutnya adalah surat pernyataan. Surat pernyataan ini akan dibuat sendiri dengan format yang sudah disediakan. Anda tinggal mengisi format yang sudah disediakan dan memberinya materai dan tanda tangan basah diatasnya. Format tersebut biasanya akan anda kopi kemudian diketik ulang. 

Selain itu, dalam surat pernyataan, akan diberikan keterangan tentang lampiran dokumen apa saja yang diserahkan bersama dengan surat pernyataan tersebut. Surat keterangan harus juga menyatakan siapa yang bertanggung jawab dalam proses jasa pengurusan siujp yang akan di proses sehingga perwakilannya akan lebih jelas. 

5. Daftar Pemegang Saham

Dokumen kelengkapan yang berikutnya adalah daftar pemegang saham perusahaan. Dokumen ini akan berisi rincian siapa saja yang berada posisi atasan dalam perusahaan tersebut sehingga tanggung jawab perusahaan akan terlihat jelas, Anda juga bisa memasukkan daftar nama pemilik perusahaan beserta presentase jumlah saham yang dimiliki. 

6. Struktur Perusahaan Sesuai Identitas NPWP
Syarat yang berikutnya dalam proses pengurusan IUJP adalah dengan melampirkan dokumen struktur jabatan dalam perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memperjelas alur kinerja perusahaan sehingga memudahkan ketika konfrmasi. Selain itu, lampiran data diri tiap orang dalam struktur organisasi tersebut juga harus jelas seperti nomor NPWP. 

7. Nomor NPWP Perusahaan

Syarat wajib Jasa pengurusan iujp berikutnya adalah nomor NPWP. Setiap orang dalam perusahaan pasti akan memiliki nomor NPWP. NPWP ini akan berfungsi untuk pengajuan pengurusan IUJP. Nomor yang diberikan haruslah dilampiri identitas nama perusahaan yang sama dan masih terbaca dengan jelas. 

8. Akta Pendirian

Syarat wajib yang berikutnya adalah dokumen terkait akta pendirian usaha. Dokumen ini wajib dimiliki tiap perusahaan. Sehingga saat mengurus hal yang terkait perijinan usaha dan lainnya, dokumen ini akan selalu menjadi syarat wajib. Itulah daftar syarat wajib dalam mengurus IUJP yang harus dilengkapi.  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama