Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip Deretan Tips Mengikuti Kuliah Online Secara Efektif Pada Masa Pandemi


Perkuliahan dengan memanfaatkan akses internet dan teknologi atau yang biasa disebut dengan kuliah online merupakan sebuah sistem pembelajaran yang dapat dilakukan pada saat masa pandemi.  Meskipun sistem pembelajaran ini dapat dilakukan dimana saja, terdapat sebagian mahasiswa yang merasa jenuh. Ingin tahu tips supaya kuliah berjalan efektif? Yuk simak infonya disini!

Deretan Cara Untuk Mengikuti Kuliah Daring Dengan Efektif

1. Buat Pengingat Harian

Sejak adanya virus covid-19, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dari rumah masing masing dengan memanfaatkan teknologi dan koneksi internet. Dengan sistem perkuliahan seperti ini, menjadikan sebagian mahasiswa merasakan kejenuhan dan kebosanan. Untuk menghindari hal hal tersebut, akan lebih baiknya jika anda memperhatikan beberapa tips. 

Salah satu tips supaya kegiatan kuliah daring dapat berjalan dengan efektif yakni dengan cara membuat pengingat harian.  Melakukan tips yang satu ini bisa membuat produktivitas pelajar semakin meningkat. Selain itu, pengingat harian ini juga dapat mengurangi rasa malas yang anda miliki karena pembelajaran yang dilakukan dari rumah. 

Selain itu, saat melakukan kuliah online, pastikan bahwa anda tetap melaksanakannya seperti melakukan kuliah tatap muka dikelas. Contohnya saja seperti merapikan tempat yang anda gunakan untuk kuliah daring, mandi sebelum memulai kelas, berpakaian yang rapi, hingga menghindari kasur. Dengan begitu, anda tidak akan melakukan kuliah daring sambil rebahan. 

2.  Catat Dan Simak Materi Penting Saat Kuliah

Tips selanjutnya yang perlu anda lakukan saat melakukan pembelajaran online adalah menyimak dan mencatat materi yang penting. Ketika perkuliahan berlangsung dan dosen memberikan penjelasan, akan lebih baiknya jika anda mencatatnya dengan rapi. Melakukan tips yang satu ini bisa membuat pemahaman materi yang diberikan oleh dosen semakin dalam. 

Dengan begitu, meskipun kuliah dilakukan secara online, poin poin dari materi tetap dapat anda pahami dan kuasai. Sehingga, kuliah dapat berjalan dengan efektif dan anda bisa tetap aktif di dalam pembelajaran. Tak hanya itu saja, jika anda memahami materi dan dapat  tetap aktif saat belajar online, nilai yang memuaskan bisa anda peroleh. 

3. Kerjakan Tugas Sesegera Mungkin 

Perkuliahan memang identik dengan yang namanya tugas, tak terkecuali pada saat perkuliahan online ini. Terlebih, terdapat pula dosen yang memilih untuk memberikan tugas sebagai pengganti perkuliahan. Mengingat hal tersebut, jika dosen memberikan tugas, akan lebih baiknya jika sesegera mungkin untuk dikerjakan.  Apabila anda menunda nundanya, maka akan semakin menumpuk. 

Oleh karenanya, jangan biasakan untuk mengerjakan tugas mepet dengan waktu deadline. Jika dosen anda memberikan tugas yang banyak sekaligus, buatlah list tugas setiap mata kuliah. Dengan membuat list, anda bisa memilih tugas mana yang deadlinenya lebih cepat dan harus diselesaikan terlebih dahulu. 

4. Rilekskan Mata

Karena pembelajaran online dilakukan menggunakan teknologi, tentunya anda akan berhadapan dengan layar handphone, laptop, maupun komputer. Perangkat yang digunakan untuk kuliah daring tersebut tentunya akan mengeluarkan cahaya terang yang dapat membuat mata lelah. Maka dari itu, anda perlu merilekskan mata anda sesekali dengan cara melihat pemandangan. 

5. Cari Tempat Yang Tenang Dan Nyaman

Ketika melakukan kegiatan belajar online dirumah, berbagai hambatan tentunya akan banyak dijumpai. Seperti contoh kondisi rumah yang kurang kondusif membuat konsentrasi menjadi bubar. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, anda harus bisa mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk melakukan perkuliahan supaya konsentrasi dapat terjaga. 

Itulah deretan informasi mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan agar pembelajaran online bisa berjalan dengan efektif. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat anda jadikan sebagai referensi saat ingin melakukan pembelajaran online. Sehingga, anda bisa belajar secara daring dengan tenang dan nyaman. 

Posting Komentar untuk "Yuk Intip Deretan Tips Mengikuti Kuliah Online Secara Efektif Pada Masa Pandemi"

banner
banner