Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil, Cari Tahu Disini!


Berpuasa ketika hamil memang menjadi perbedaan tersendiri. Pasalnya, anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yakni boleh menjalankan puasa atau meninggalkannya apabila tidak mampu. Namun, sebagai gantinya ibu hamil tersebut harus membayar fidyah sebanyak puasa yang ditinggalkannya. Tapi, bagi anda yang ingin berpuasa, intip tips puasa untuk ibu hamil di ramadan.id berikut ini.

Tips Puasa Ala Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu

1. Mengonsumsi Susu Ibu Hamil Ketika Buka dan Sahur

Saat anda berpuasa ketika sedang hamil, maka mengonsumsi susus untuk ibu hamil merupakan hal penting yang harus dilakukan. Sebab, asupan ini akan membantu untuk menjaga perkembangan janin dan mampu untuk mengurangi resiko terkena anemia pada ibu hamil. Apabila umumnya anda mengonsumsinya ketika pagi dan malam hari, ketika puasa anda pun bisa mengakalinya.

Ketika puasa, anda pun bisa mengganti dengan meminum satu gelas susu hangat ketika berbuka dan sahur. Selain mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil, pastikan pula anda memenuhi asupan harian air putih yang cukup. Hal ini bertujuan agar mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Hindari Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Tips lain dari ramadan.id untuk ibu hamil yang sedang menjalankan puasa adalah dengan menghindari untuk mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak. Hal ini lantaran keduanya akan memiliki dampak yang buruk pada kondisi tubuh anda, terutama ketika sedang hamil.

Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan yang pedas akan mampu memberikan pengaruh pada perubahan hormone. Selain itu, juga bisa menyebabkan timbulnya rasa mulas dan akan mampu memicu rasa muntah. Sedangkan ketika anda mengonsumsi makanan yang berlemah, ternyata juga memiliki pengaruh pada sistem kekebalan dan kesehatan ibu serta janin. Sehingga anda bisa menggantinya dengan makanan berserat.

3. Mengonsumsi Makanan yang Bernutrisi

Ketika berpuasa dalam waktu hamil, tentunya anda perlu mendapatkan nutrisi berlebih agar tubuh tidak drop atau sakit. Sehingga menjaga kesehatan ibu dan calon bayi menjadi hal penting yang perlu anda lakukan. Untuk itu, tips dari ramadan.id saat puasa adalah jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur secara seimbang.

Anda juga perlu memberikan asupan makanan yang mengandung protein. Contohnya adalah seperti keju, daging dan juga susu. Selain itu, anda juga perlu untuk menyeimbangkan porsi makan yang anda miliki. Lebih baik untuk mengonsumsi makanan secara sering namun dalam porsi yang sedikit dibandingkan dengan konsumsi makan yang berlebih.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan di Dalam Tubuh

Selanjutnya, anda juga perlu untuk mencukupi kebutuhan dan cairan yang ada di dalam tubuh. Tentu saja, cairan akan mencegah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi di siang hari. Untuk ukuran normal, kebutuhan air minum yakni minimal 8 gelas per hari. Anda pun bisa membaginya ketika berbuka dan sahur. Dimana 4 gelas saat berbuka puasa dan juga 4 gelas menjelang sahur hingga imsak.

Sebaiknya anda juga mengurangi untuk mengonsumsi minuman dingin dalam jumlah yang berlebih. Sebab, hal tersebut akan mengurangi kinerja dari lambung. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman manis ketika sahur agar tubuh tidak lemas ketika berpuasa. Tips dan informasi seputar ramadan ini bisa anda lakukan agar kuat menjalankan ibadah ketika sedang hamil.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa ketika hamil. Dengan begitu, anda pun akan lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa meskipun dalam kondisi yang hamil. Tips tips di atas juga penting untuk anda lakukan agar tubuh tetap sehat.

Posting Komentar untuk "4 Tips Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil, Cari Tahu Disini!"

banner
banner