Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran dan Manfaat Filsafat Olahraga Dalam Mengembangkan Pendidikan Olahraga


Menjadi atlet adalah salah satu profesi yang diidamkan banyak anak anak. Melakukan hal yang digemarinya sekaligus menghasilkan tentu menjadi peluang tersendiri. Menjadi altet, Tak hanya olahraga, namun penting juga untuk mengetahui filsafatnya. Dengan mempelajari tentang filsafat olahraga yang bisa memperdalam teori dalam pendidikan olahraga

Peran Filsafat dalam Olahraga

1. Menumbuhkan motivasi

Tak hanya mengenal olahraga, namun para pelatih atau guru juga disarankan untuk lebih memahami tentang filsafat dalam olahraga. Walaupun terlihat sederhana, namun pemahaman tentang filsafat ini akan membantu menumbuhkan motivasi atlet dalam meningkatkan prestasinya. 

Tak hanya motivasi saja namun dengan mengenal filsafat dalam olahraga akan membantu altet dalam mengembangkan sikapnya menjadi lebih baik, membentuk self-image serta membuat self concept yang tepat. Hal ini tentu menjadi faktor penting yang harus dimiliki seorang atlet agar bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. 

2. Menstabilkan emosi

Dalam pertandingan, tak hanya skill permainan atau olahraga yang harus dikuasai. Namun hal lain yang tak kalah penting adalah kemampuan kontrol emosi. Selain menguasai pertandingan dengan skill yang dimiliki. seorang atlet juga harus mempunyai kontrol emosi yang baik untuk tepat mempertahankan penampilannya yang stabil.

Dengan memahami adanya filsafat dalam pendidikan olahraga, akan membuat atlet beserta teamnya lebih mengenal cara mengontrol emosinya. Tak hanya itu, tujuan dan peran filsafat dalam olahraga ini juga akan membuat atlet mempunyai ketahanan mental yang baik dengan menjalankan beberapa cara training yang sesuai. 

3. Mengelola stress

Stress sangat rentan terjadi pada atlet. Terlebih bila mendekati jadwal pertandingan akan berlangsung. Untuk mengelola stress pada atlet ini tentu diperlukan cara yang tepat dan sesuai. Sehingga mengelola stress bisa tepat sasaran. Stress yang dirasakan oleh atlet biasanya mempunyai jenis yang berbeda beda. 

Hal ini karena kepribadian setiap atlet juga berbeda beda sehingga ketahanan mentalnya juga akan beragam. Dengan mengenal filsafat dalam olahraga maka anda akan lebih mengenal tentang cara relaksasi yang tepat untuk menurunkan stress. Hal ini disebut juga dengan overstress threshold. Salah jenis stress adalah hingga menimbulkan tindakan agresif. 

4. Mencegah boredom

Dalam dunia pendidikan olahraga dan atlet juga mengenal istilah boredom. Boredom ini adalah salah satu gejala psikologis yang bisa saja terjadi pada atlet yang pernah mengalami kegagalan dalam pertandingannya. Kegagalam dalam pertandingan olahraga berkali kali tentu akan mempengaruhi ketahanan mental atlet. 

Manfaat Filsafat Dalam Olahraga

Olahraga memang tak hanya tentang skill, namun juga tentang pengelolaan diri. Beberapa hal yang berpengaruh pada kondiis atlet yang akan bertanding adalah seperti faktor psikologis, motivasi diri, faktor perasaan, pemikiran dan pengalaman juga terkait situasi sekitar yang mempengaruhi perilakunya. 

Manfaat memahami filsafat olahraga tak hanya dirasakan oleh atlet saja namun juga untuk pelatih dan team secara keseluruhan. Dengan memahami tigkah laku manusia atau atlet dan pengalaman manusia pada umumnya, maka bisa sebagai tindakan pencegahan yang tepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Olahraga dan atlet memang hal yang harus dikelola dengan baik, tak hanya tentang skill namun juga tentang kualitas mental yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memahami filsafat dalam olahraga. Informasi diatas semoga bisa menjadi salah satu rujukan informasi untuk anda yang sedang berolahraga. 

Posting Komentar untuk "Peran dan Manfaat Filsafat Olahraga Dalam Mengembangkan Pendidikan Olahraga"

banner
banner