Memaksimalkan Sisa Kuota dengan Fitur Rollover


Istilah rollover memang cenderung identik pada salah satu fitur milik beberapa provider kartu SIM kenamaan. Namun belakangan istilah ini menjadi bagian dari keseharian para pengguna kuota data internet dalam ketersediaan kuota data pada smartphone.

Dengan fitur ini, pengguna kartu SIM menjadi lebih nyaman jika masa berlaku kuotanya habis tapi kuota datanya masih tersisa lumayan banyak, karena kuota yang tersisa itu masih bisa digunakan seperti biasanya melalui fitur rollover kuota.

Karena manfaatnya yang lumayan memberikan keuntungan bagi para pengguna kartu SIM yang memiliki fitur ini, kian membuat kartu SIM yang memiliki fitur rollover kuota kian diminati sebab selain mampu menghemat kuota data, sisa kuota yang ada tidak akan hilang.

Pengertian Rollover 

Rollover adalah penambahan sisa kuota yang telah habis masa berlakunya ke bulan berikutnya. Rollover memang menjadi salah satu fitur yang sangat diandalkan oleh beberapa provider karena memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna kartunya. 

Terlebih lagi, sampai saat ini banyak pengguna kuota data yang kerap kali memiliki sisa kuota yang tidak terpakai karena minimnya pemanfaatan akses internet atau bahkan adanya fitur penghemat penggunaan data yang juga menjadi fitur unggulan di beberapa smartphone.

Rollover sendiri secara umum berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti berputar.

Sedangkan dalam istilah provider kartu SIM, rollover kuota berarti menambahkan sisa kuota yang tidak terpakai sebelumnya ke dalam kuota terbaru.

Sehingga, pengertian rollover dalam istilah kartu SIM adalah fitur akumulasi sisa kuota data yang masih ada dengan kuota data terbaru.



Syarat Rollover Kuota

Untuk bisa memperoleh layanan rollover kuota ini, provider biasanya memiliki syarat tertentu yang umumnya berbeda-beda tiap kartu SIM. Ketentuan ini bahkan sudah diberlakukan sejak pengguna kartu pertama kali mengaktifkan kartu SIM, seperti penjelasan berikut ini;

Pengisian Jenis dan Jumlah Kuota yang Sama atau yang Lebih Besar

Provider kartu SIM menerapkan syarat pengisian jenis dan jumlah kuota yang sama dengan pengisian kuota sebelumnya yang telah habis masa berlakunya. Ketentuan ini juga berlaku bagi pengguna yang mengisi kuota data yang lebih besar dari kuota yang diisi sebelumnya.

Akumulasi Kuota Berdasarkan Kapasitas Sisa Kuota yang Telah Ditetapkan

Provider kartu SIM juga memberlakukan syarat rollover kuota dengan jumlah sisa kuota berdasarkan kapasitasnya berdasarkan satuan hitungan kuota yakni; kilobyte (KB) atau megabyte (MB). Tiap provider umumnya memiliki ketentuan yang berbeda-beda mengenai batas sisa kuota yang bisa memanfaatkan fitur rollover ini.

Rollover Hanya Berlaku Setelah Masa Aktif Habis

Ketentuan lainnya yang diberlakukan provider dalam penerapan rollover kuota ini adalah akumulasi sisa kuota hanya bisa ditambahkan saat masa kuota data yang digunakan telah benar-benar habis. Dengan begitu, pengguna kartu SIM tak bisa menikmati fitur penambahan sisa kuota sebelumnya jika masa aktif kuota sebelumnya belum habis.

Tidak Dikenakan Biaya Tambahan

Keunggulan lain dari fitur ini adalah, pengguna kartu SIM yang memiliki layanan ini tidak akan dikenakan biaya tambahan lain sebagai konsekuensi dari akumulasi sisa kuota data sebelumnya karena fitur ini akan secara otomatis menambahkan sisa kuota internet yang masih ada namun telah habis masa berlakunya ketika pengguna mengisi ulang kuota datanya kembali.

Keberadaan fitur rollover kuota ini memang menjadi layanan paling diunggulkan oleh beberapa provider kartu SIM sekaligus paling banyak diminati oleh penggunanya karena mampu memberikan jaminan terhadap sisa kuota tanpa harus khawatir sisa kuota sebelumnya terbuang percuma.

Namun, para pengguna kartu SIM juga harus bisa memastikan jika fitur rollover kuota benar-benar telah ditambahkan ketika mengisi ulang kembali kuota data yang baru.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama