Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Siku Kertas, Fungsi dan Manfaatnya

Meski kerap dianggap sepele, namun keberadaan siku kertas atau paper angle memiliki peranan penting untuk melindungi tepian bundel kertas kardus sebelum dirangkai menjadi lebih rapih dengan straping band.

Dengan menggunakan siku kertas, tampilan kemasan juga akan terlihat lebih kuat dan memudahkan untuk mengikat kemasan sehingga produk yang ada di dalam kemasannya jadi lebih terjaga keamanannya.

Saat ini bahkan kebanyakan industri dari berbagai segmen baik skala besar maupun UMKM sangat mengandalkan paper angle sebagai penunjang kemasan utamanya.

Mengenal Siku Kertas

Secara umum, pelengkap kemasan ini juga dikenal dengan istilah siku kardus, siku karton hingga edge protector. Dari berbagai istilah ini, secara umum memiliki fungsi yang kurang lebih sama yakni untuk melindungi kemasan yang menggunakan bahan jenis kraft agar lebih kuat mengikat kemasan.

Penggunaan paper angle ini sangat umum dijumpai pada produsen-produsen produk kebutuhan harian baik yang berskala besar maupum usaha kecil.

Terlebih pada produsen yang kerap mendistribusikan barang produksinya dengan jasa ekspedisi sehingga membutuhkan packing kemasan yang kuat dan tidak mudah rusak ketika dalam proses pengiriman.

Fungsi Siku Karton atau Paper Angle

Fungsi utama dari siku karton ini adalah untuk melindungi tiap sisi kemasan produk baik dari berbagai sudut kemasan.

Pada paper angle yang berkualitas bahkan sangat efektif menjaga produk yang ada di dalamnya terhadap berbagai benturan yang amat mungkin terjadi ketika proses memindahkan maupun mendistribusikan barang.

Selain itu terdapat berbagai manfaat lain dari penggunaan siku kertas sebagai pelengkap utama kemasan seperti berikut ini;

Menjamin Produk Lebih Aman

Umumnya, kemasan produk lebih rentan rusak pada bagian sisinya, hal ini karena ketika proses pendistribusian barang, tiap sisi kemasan kerap berbenturan dengan benda keras maupun kemasan lainnya.

Dengan menggunakan siku kertas ini, maka kemungkinan kerusakan produk bisa lebih diminimalisir secara langsung. Bahkan ketika kemasan produk tertimpa kemasan lain atau barang yang lebih berat tidak akan merusak kemasan maupun produk yang ada di dalamnya karena pemanfaatan paper angle ini.

Mempermudah Proses Pengemasan

Tiap kemasan umumnya memiliki tepian yang cenderung kurang rapat dengan sisi lainnya sehingga dengan menggunakan siku kertas, proses pengemasan jadi lebih mudah cukup dengan menyatukannya dengan kemasan utama menggunakan strapping band.

Lebih Hemat Biaya

Dengan menggunakan paper angle ini juga biaya produksi akibat kerusakan produk bisa lebih ditekan seminimal mungkin karena produk jadi lebih terjamin perlindungan dalam hal kemasan tambahannya.

Karena bahan yang digunakan untuk membuat paper angle ini terdiri dari bahan paper kraft yang berkualitas tinggi yang sudah teruji ketahanannya sebagai pelindung kemasan utama.

Memudahkan Proses Distribusi

Dengan memanfaatkan siku kertas ini pula bisa memudahkan proses distribusi sehingga proses pengiriman jadi lebih cepat dan efisien karena kemasan jadi lebih kuat ketika diangkat dan tidak mempengaruhi bentuk maupun dimensinya.

Memiliki Ukuran yang Beragam

Paper angle ini juga di desain secara khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan produsennya, termasuk untuk kebutuhan kemasan yang memiliki desain tertentu.

Ukuran yang dimiliki paper angle ini bahkan terdapat ukuran terkecil seperti ukuran 20 x 20 milimeter hingga ukuran yang terbesar yakni; 70 x 70 milimeter.

Dari beberapa keunggulan yang dimiliki paper angle sebagai penunjang keamanan kemasan utama penting juga bagi produsen baik skala industri maupun skala rumahan, untuk memilih siku kertas buatan produsen yang berkualitas agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Posting Komentar untuk "Mengenal Siku Kertas, Fungsi dan Manfaatnya"

banner
banner